DUKUNGAN PRODUCT QUALITY, CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN VIVO SMARTPHONE

Authors

  • Muhammad Kamil Manajemen, Universitas Halu Oleo
  • Sudirman Zaid Jurusan Manajemen, Universitas Halu Oleo
  • Juharsah Jurusan Manajemen, Universitas Halu Oleo
  • Sinarwaty Jurusan Manajemen, Universitas Halu Oleo
  • Hayat Yusuf Jurusan Manajemen, Universitas Halu Oleo
  • Nursaban Rommy Jurusan Manajemen, Universitas Halu Oleo

Keywords:

Product Quality, Celebrity endorser, Brand Image, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara simultan dan parsial pengaruh product quality, celebrity endorser, dan brand image terhadap keputusan pembelian smartphone vivo. Populasi yang digunakan dalam penelitian  ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo pengguna smartphone Vivo. Jumlah populasi tersebut tidak diketahui. Sehingga besaran sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 100 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisi s regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara simultan maupun secara parsial product quality, celebrity endorser dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.

Aprilinda Ramadhani dan Isnandscript. 2009. SPSS untuk UKM. Jakarta: Alex Media Komputrindo.

Aryandi, J., & Onsardi, O. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117-127.

Assuari, Sofjan. 2009. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Edisi Pertama. Jakarta: Grafindo Persada.

Belch, George E., Belch, Michal, A. 2013. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective, 8th Edition. New York: Pearson Education.

Bilson, Simamora. 2003. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dewi, L. G. P. S., Edyanto, N., & Siagian, H. 2020. The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabaya, Indonesia. SHS Web of Conferences, 01023.

Devita Dwi Rahayu, Rulirianto. 2021. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen mie Bangcad di kota Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol 6, No 1 (2020).

Dita Fadhila Salsabila, Luk Luk Atul Hidayati. 2021. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Shopee (Studi empiris pada karyawan bank Jateng di wilayah Kedu). Journal.unimma.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Cetakan 8. Universitas Diponegoro, Semarang.

Indri Novita Sari dan Heri Prasuhanda Manurung. 2020. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hanphone Samsung di Kabupaten Asahan (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Asahan). Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains.

Isalman, I., & Robby, R. D. (2022). Daya Tarik Desain Eksterior dan Interior Kedai Kopi Terhadap Keputusan Pembelian di Local Coffee Kendari. Jurnal Ekonomi Dan Statistik Indonesia, 2(1), 115–123. https://doi.org/10.11594/jesi.02.01.13

Isalman, Ilyas, Istianandar, F. R., & Sahdarullah. (2023). Peran Kredibilitas Influencer Lokal di Instagram Terhadap Persepsi Kualitas dan Minat Beli Konsumen Milenial. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 9(1), 91–106. https://doi.org/DOI: 10.34203/jimfe.v9i1.6205

Isalman, Ittaqullah, N., & I, F. R. (2023). Analisis Ulasan Pelanggan Terhadap Persepsi Resiko Dan Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 8(1), 166–178. https://doi.org/10.29407/nusamba.v8i1.18446

Isalman, Yusuf, A. R., & I, F. R. (2019). Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Facebook Group Kendari Jual Beli Cepat (KJBC). Sains, Tekhnologi Dan Humaniora, 1134–1142.

Lery, M., Zaid, S., Isalman, Anggia Binsar Kristian Panjaitan, F., & Taufik, M. (2024). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Di Kota Kendari. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 16(1), 64–74. http://ojs.uho.ac.id/index.php/manajemen

J. Setiadi, Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen. PT Kencana Prenanda Media, Jakarta.

Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif Dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kiswati, S. 2010. Studi Tentang Sikap Konsumen Atas Merek Tolak Angin. Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas, Jilid I. Jakarta: PT. Index.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th edition, Pearson Education Limited.

Kotler, Philip & Keller, L. Kevin. 2012. Marketing Management 14e Global Edition. Pearson Education Limited.

Kumar, Lk A. M., Arimbawa, I. G., & Damayanti, E. 2014. The Influence of Celebrity Endorser, Product Quality and Price on Purchase Decisions and Customer Satisfaction on Vivo Brand Smartphones in Surabaya.

Leon G Schiffman & Leslie Lazar Kanuk. 2008. Consumer Behavior, 5th Edition, Prentice Hall & Co, New Jersey.

Lery, M., Zaid, S., Isalman, Anggia Binsar Kristian Panjaitan, F., & Taufik, M. (2024). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Di Kota Kendari. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 16(1), 64–74. http://ojs.uho.ac.id/index.php/manajemen

Martinez et. al. 2009. “Modeling The Brand Extension Influence of Brand Image”. Journal of Business Research p50-60.

Peter, J. Paul & Olson, Jerry. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Edisi 9 Buku 2. Penerbit: Salemba Empat.

Riyanto, Surya. 2018. Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike Di Centro Galaxy Mall Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945.

Rohmad Hidayat, Djawoto. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 7 No 6 (2018).

Royan, F. M. 2004. Marketing Selebrities. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Sarah Septiani, Bono Prambudi. 2021. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo. Journal of Management (SME’s), Vol.14, No.2.

Schiffman, Leon G. & Kanuk, Lazar Leslie. 2008. Consumer Behavior, 7th Edition. Jakarta: PT. Indeks.

Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran. Gramedia Utama, Jakarta.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia, Bogor.

Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Penerbit: Ghalia Indonesia, Bogor.

Sunyoto, Danang. 2013. Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. CAPS, Yogyakarta.

Swastha, Basu, dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberti.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Bayu Media Publishing, Malang.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2015. Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi.

Umar, Husein. Studi Kelayakan Bisnis. Edisi 2. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2024-10-14