PENERAPAN DIGITAL MARKETING, GRATIS ONGKIR DAN ONLINE COSTUMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE

Authors

  • Salsa Maharani Manajemen, Universitas Halu Oleo
  • Rahmat Majid Jurusan Manajemen, Universitas Halu Oleo
  • Yusuf Jurusan Manajemen, Universitas Halu Oleo
  • Isalman Jurusan Manajemen, Universitas Halu Oleo
  • Nurul Ittaqullah Jurusan Manajemen, Universitas Halu Oleo

Keywords:

Digital Marketing, Gratis Ongkir, Online Costumer Review, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing, gratis ongkir dan online costumer review terhadap keputusan pembelian baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini meggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 95 responden pengguna aplikasi Shopee. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian ini menjunjukkan bahwa Digital marketing, gratis ongkos Kirim dan Online customer review secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Gratis ongkos kirim berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing, gratis ongkir, dan online customer review secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Shopee. Hasil ini memebrikan implikasi manajerial, Shopee perlu terus mengoptimalkan strategi digital marketing, memperluas promosi gratis ongkir, serta memanfaatkan ulasan pelanggan untuk membangun kepercayaan konsumen. Strategi pemasaran terpadu yang menggabungkan ketiga elemen ini dapat meningkatkan transaksi dan loyalitas pelanggan, sementara penjual juga harus menjaga kualitas produk dan layanan pelanggan agar tetap kompetitif di pasar e-commerce.

References

Ardianti, A. N., & Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.

Asysyifaa, W. O. N., Juharsah, J., Isalman, I., Putera, A., Putri, T. N., & Windayani, W. (2024). Analisis penerapan digital marketing dalam meningkatkan penjualan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 16(2), 38–47.

Basalamah, M. R., & Millaningtyas, R. (2021). Pengaruh Diskon Dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(15).

Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2014). Business Research Method 12th Edition. McGraw Hill.

Goel, R., Sahai, S., Krishnan, C., Singh, G., Bajpai, C., & Malik, P. (2017). An Empirical Study to Enquire the Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age with Reference to Indian Economy. Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities, 25(4).

Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2).

Asysyifaa, W. O. N., Juharsah, J., Isalman, I., Putera, A., Putri, T. N., & Windayani, W. (2024). Analisis penerapan digital marketing dalam meningkatkan penjualan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 16(2), 38–47.

Ilyas, Nur, S., & Isalman. (2022). Pelatihan Entrepreneurship Bagi Generasi Milenial Untuk Mendorong Pengembangan Ekonomi Bangsa Berbasis Ekonomi Digital. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 123–128.

Ilyas, Nuraini Dwiputri, I., Isalman, Wahab, & Suseno, S. (2020). The Impact of the Industrial Revolution 4.0 on Employment in Indonesia. KnE Social Sciences, 2020, 357–365. https://doi.org/10.18502/kss.v4i7.6865

Isalman. (2021). Pendampingan Desain Konten Iklan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM Terdampak Pandemi Di Mandonga Kota KendarI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(5), 885–892.

Isalman, I., & Putera, A. (2024). Dampak Marketplace Layout Design, Sales Promotion dan Customer Review Terhadap Impulse Buying. Jurnal Ecodemica : Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 48–57. https://doi.org/10.31294/eco.v8i1.21998

Isalman, I., Ramadhani I, F., Ilyas, I., & Sahdarullah, S. (2022). Investigasi Faktor Pendukung Dan Penghambat Belanja Online Di Kota Kendari. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 30–46. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i1.3413

Isalman, Ilyas, Ramadhani, F., & Ittaqullah, N. (2021). Stimulus promosi penjualan, marketplace display, dan motivasi belanja hedonis terhadap impulse buying di kalangan wanita milenial. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(2), 406–420.

Isalman, & Isnawaty. (2024). Meningkatkan Pendapatan Wanita Nelayan Melalui Pemasaran Digital Produk Olahan Hasil Perikanan di Konawe Selatan. Jurnal JPM: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 4(4). https://doi.org/10.59818/jpm.v4i4.770

Isalman, Ittaqullah, N., & I, F. R. (2023). Analisis Ulasan Pelanggan Terhadap Persepsi Resiko Dan Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 8(1), 166–178. https://doi.org/10.29407/nusamba.v8i1.18446

Isalman, Yusuf, A. R., & I, F. R. (2019). Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Facebook Group Kendari Jual Beli Cepat (KJBC). Sains, Tekhnologi Dan Humaniora, 1134–1142.

Ittaqullah, N., Qalbi, L. S., & Isalman, I. (2023). Gaya Hidup terhadap Perilaku Impulsive Buying pada Konsumen Marketplace. Jurnal Sublimapsi, 4(2), 349. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v4i2.39127

Lery, M., Zaid, S., Isalman, Anggia Binsar Kristian Panjaitan, F., & Taufik, M. (2024). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Di Kota Kendari. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 16(1), 64–74. http://ojs.uho.ac.id/index.php/manajemen

Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk fashion. Jurnal Manajemen, 12(2), 288-298.

Jannah, M., Wahono, B., & Khalikussabir, K. (2022). Pengaruh Diskon Flash Sale, Rating Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(13).

Kotler, P. (1980). Marketing Management: Analysis, Planning, and Control. 4th Ed. London: Prentice-Hall, Inc.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Korina Tasya, Kamila Suharyono, & Inggang Perwangsa Nuralam. (2019). Pengaruh Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Universitas Brawijaya TA 2015/2016 – 2018/2019 yang Pernah Membeli dan Menggunakan Xiaomi Smartphone). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 72(1).

Latief, F., & Ayustira, N. (2020). Pengaruh Online Costumer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla. Jurnal Mirai Management, 5(3), 139-154.

Maulana, H. A., & Asra, Y. (2019). Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7(2), 162-165.

Maduwinarti, A., & Pudjianto, A. (2022). Pengaruh Atribut Produk dan Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Somethinc di Surabaya. Seminar Nasional Hasil Skripsi, 1(01).

Mewoh, F. M., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(1), 35–42.

Muafidah, M., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh digital marketing dan personal selling terhadap keputusan pembelian konsumen. Akuntabel, 18(4), 661–668.

Ningsih, E. S. P. (2019). Pengaruh Rating Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nuraeni, Y. S., & Irawati, D. (2021). The Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa UBSI). Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 439-450.

Nur, L. H. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Review dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 6(3).

Putri, P. M., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 25-36.

Qurratu’Aini, H., & Hapsari, A. Y. (2019). Interests Influence of Digital Marketing Product Sales in Exports by SMEs in Bandung. Global Business and Management Research, 11(1), 217–225.

Razali, G., Andamisari, D., & Saputra, J. (2022). Pengaruh Promosi Diskon Dan Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Citizen: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 482-491.

Riska, & Renny, D. (2020). Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(2).

Sari, E. (2022). Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Hkbp Nommensen Medan).

Sari, V. N., & Nugroho, M. A. S. (2019). Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Diskon, Dan Iklan Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta (Doctoral dissertation, STIE Widya Wiwaha).

Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 249–258.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Downloads

Published

2024-10-14